Ide Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Meski di rumah saja dan mengurus anak bukan berarti ibu rumah tangga tidak bisa melakukan hal lain. Ada banyak bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa Kamu jajal di rumah, lho.


Yuk, coba 10 ide usaha untuk ibu rumah tangga agar tetap bisa berkarya meski dari rumah.

1. Bimbingan Belajar

Hobi mengajar? Kamu bisa mencoba usaha bimbingan belajar. Anak-anak di sekolah atau lingkungan sekitar rumah bisa menjadi target usaha pertama. Dengan peralatan sederhana dan koneksi dengan tetangga, Kamu sudah bisa mengembangkan usaha ini.


2. Laundry

Hanya bermodalkan mesin cuci dan alat setrika Kamu bisa memulai bisnis laundry. Mulai dengan skala kecil dengan membagikan brosur ke tetangga untuk memperkenalkan bisnismu.


3. Penjahit

Ini untuk Kamu yang suka membuat suatu karya. Menjadi ibu rumah tangga tak berarti mimpimu harus terhenti. Siapkan beberapa sudut untuk ruang konsultasi dan merancang busana, dekorasi juga beberapa sudut dengan hasil karya untuk mempercantik rumah usahamu.


4. Butik

Saat ini sudah bertebaran supplier baju murah yang memungkinkan Kamu untuk menjadi reseller. Lihat terlebih dahulu target pasar di sekitar hunian, berbagai pilihan baju bisa Kamu jual, misalnya baju tidur, baju formal, baju anak, ataupun busana muslim.


5. Loket Pembayaran

Sederhana namun dibutuhkan, inilah ide bisnis yang satu ini. Produk PPOB seperti PDAM, pulsa dan tagihan lainnya adalah produk yang terus dan berulang dibutuhkan masyarakat. Kamu dapat mempermudah orang di sekitar dan mendapatkan komisi dari setiap transaksi.


6. Toko Kelontong

Kebutuhan rumah tangga seringkali dibutuhkan secara tiba-tiba, pastinya toko kelontong jadi pilihan utama saat keadaan darurat. Kamu dapat menjual kebutuhan umum saat pertama kemudian mencatat kebutuhan yang sering orang butuhkan saat berkunjung ke tokomu.


7. Barbershop

Pangkas rambut menjadi usaha yang tak lekang oleh waktu. Alat-alat ini perlu Kamu siapkan untuk memulai usaha ini, seperti gunting rambut, mesin pencukur rambut, sisir, penyemprot air, pisau cukur, handuk dan apron.


8. Katering

Kamu jago memasak? Coba usaha katering rumahan yuk. Agar dapat berkelanjutan, sediakan menu yang beragam dan tentunya dengan porsi yang pas. Kamu juga dapat menerima pesanan untuk acara besar seperti meeting dan pernikahan.


9. Bisnis penitipan anak

Beberapa ibu rumah tangga malahan menikmati waktu mengurus anak, apakah Kamu salah satunya? Sambil menyelam minum air, peribahasa yang cocok untuk bisnis ini. Namun jangan sembarangan, Kamu harus mengurus perizinan ke dinas terkait seperti dinas pendidikan anak usia dini, dinas usaha kecil dan menengah, dan lain sebagainya.


10. Frozen food

Bisnis ini cukup digandrungi beberapa waktu terakhir dalam momen PPKM, banyak keluarga menyimpan frozen food karena praktis dan tahan lama. Tips dalam membuka usaha ini adalah pilih jenis makanan yang digemari dan tidak mudah dibuat sendiri. Contoh: dimsum, nugget, pempek hingga cireng.


Bagaimana Mompreneur, apakah sudah mendapatkan ide bisnis rumahan yang tepat? Yuk jangan takut untuk memulai usaha rumahanmu, jika Kamu sedang mencari rumah yang bisa dijadikan tempat usaha dengan harga terjangkau, Kamu bisa juga melihat rumah multifungsi Kalyana ya!